ARTIKEL

AIR TERJUN OEFAMBA

Airnya jernih dan sejuk, menenangkan hati dan jiwa, bekin lupa daratan itulah 

AIR TERJUN OEFAMBA

(Gabriel Kueain, S.Pd.,Gr)

SMA Negeri 1 Sabu Barat


Untuk Mengisi Liburan Idul Fitri tahun ini, saya berkesempatan untuk berlibur ke kampung halamanku di Rote, yang adalah pulau terselatan Indonesia,  juga tempat kelahiranku. Disamping mengunjungi keluarga, saya berkesempatan bersama keluarga mengunjungi tempat wisata di kampungku yakni Air Terjun Oefamba, yang berjarak sekitar 1, 5 km dari rumahku.



Air Terjun Oefamba yang terletak di Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang kini banyak kunjungi oleh wisatawan lokal di Kabupaten Rote Ndao sebagai pilihan tempat refreshing yang sangat cocok untuk mengisi liburan Bersama teman, sahabat, keluarga dan orang-orang terkasih.

Satu-satunya tempat Wisata Air Terjun di Kab. Rote Ndao ini mulai dikenal oleh publik sejak 1 tahun terakhir, yang hingga hari ini masih terus ramai dikunjungi wisatawan, karena diekspos melaui media sosial sehingga pengunjung semakin lama semakin bertambah. Bahkan rata-rata per hari bisa sampai 200an orang yang kunjungi lokasi tersebut, juga dikunjungi oleh wisatawan dari luar pulau Rote.


Untuk menuju ke lokasi air setelah setelah pintu masuk, pengunjung dapat menuruni beberapa anak tangga yang telah dipercantik dengan lukisan motif yang turut memperindah setiap anak tangga.

Di lokasi Air Terjun tersedia tempat parkiran, kamar ganti, tempat duduk untuk pengunjung bersantai, dan tersedia jualan makanan dan minuman bagi pengunjung.

Destinasi Wisata Alam yang berjarak sekitar 30 Km sebelah selatan dari Kota Ba’a (ibu kota dari Kabupaten Rote Ndao) yang apabila ditemput dengan kendaraan memakan waktu perjalanan sekitar kurang lebih 30-45 menit perjalanan. 

Air terjun  ini memiliki 3 tingkat susunan air terjun yang indah Sepanjang 100 meter lebih makin menambah pesona indahnya. Dan tampak berdiri subur Pohon Pinang, Pohon kelapa  dan Pohon Besar Lainnya di sekitarnya yang menambah kesejukan Lokasi Air Air Terjun.

Ibarat berlian yang mengalir di tengah batu dan Pepohonan, begitu juga air terjun Oefamba yang jernihnya mampu menyejukan hati dan jiwa, begitulah kesan-kesan dari salah satu pengunjung, yakni Alfa Pandie, seperti yang dilansir oleh Portalntt.com



(Gambar Air terjun tingkat pertama)

“Air Terjun Oefamba ini lain dari yang lain. Airnya jernih dan sejuk. Sangat menenangkan hati dan jiwa, bahkan bisa membuat pengunjung lupa daratan. Juga untuk kaula Muda yang ingin Prawedding, mungkin lokasi air terjun ini adalah pilihan paling tepat. Viewnya sangat Indah, membuat hati ini sangatlah bergetar, begitulah kira 






(Gambar Air terjun Tingkat kedua dan ketiga)

Sungguh luas alam dunia,

Tanam toge tumbuh kecamba,

Siapa tau ada yang tanya,

Saya lagi liburan di Air terjun Oefamba.

#nttbangkit  #nttsejahtera #dinaspkntt  #restorasipendidikan #hardiknas2022 #ayomenulis  #lestaribudayantt  #majupariwisatantt  #smansabubarat


PENCARIAN


KONTAK

Alamat :

Jalan Tulaika Dokamadake, Desa Ledeana

Telepon :

(0380)861350

Email :

smanegeri1sabubarat1984@gmail.com

Website :

https://www.smanegeri1sabubarat.sch.id/

Media Sosial :

Kepuasan Pemangku Kepentingan/orangtua Siswa Terha

Kepuasan Pemangku Kepentingan Terhadap Pelayanan dan Proses Pembelajaran di SMAN 1 Sabu Barat

  Sangat Puas
  Puas
  Ragu-ragu
  Tidak Puas
  Sangat Tidak Puas

  Hasil Polling

KELENDER

Mei 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31